APAKAH BISA ADA kompetensi SEUMUR HIDUP..?

Apasih kompetensi itu kompetensi adalah sebuah cara melihat bahwa seseorang itu memiliki keahlian tertentu. Kompetensi atau bisa juga disebut memiliki lisensi menunjukkan keahlian seseorang terhadap suatu pekerjaan dan diakui oleh sebuah badan pengawas bukan sekedar katanya dan bisa melakukannya tapi kompetensi ini melalui serangkaian uji kealhian teori maupun praktek. Lisensi pilot, berarti orang tersebut memiliki keahlian sebagai pilot. lisensi menyelam berarti orang tersebut memiliki keahlian selam yang semuanya itu diakui melalui erangkaian test dan uji teori dan praktek.

Ada badan penguji dan badan pengawasan terhadap sebuah uji kompetensi tidak bisa begitu saja membuat sebuah uji kompetensi tanpa sebuah aturan main yang dibuat sebagai aturan untuk menjaga nilai dari keahlian itu sendiri, Didalam sebuah keahlian pun akan memiliki tingkatan keahlian lagi sehingga bisa disebut kompetensi level 1, level 2 dan seterusnya.

Mengapa perlunya ada sebuah kompetensi? bagi saya kompetensi terbagi 2 yang harus dan tidak harus (relatif). Kompetensi yang harus adalah manakala kehlian tersebut beririsan atau bersentuhan langsung dengan keselamatan. Baik Keselamatan kerja ataupun keselamatan dalam beraktifitas. Kompetensi selam harus dimiliki jika kita ingin menyelam dengan aman, kenapa aman karena penyelam yang sudah bersetifikasi akan melalui serangkain pelajaran untuk menjaga keselamatan dirinya dan orang lain mematuhi serangkaian aturan dasar menyelam yang wajib dilaksanakan. Kompetensi yang tidak harus (relatif) adalah yang tidak bersentuhan langsung dengan keselamatan diri dan orang lain. contohnya kompetensi fotografi, jika anda ingin disebut profisional bersertifikat maka silakan mengikuti uji kompetensi personnel fotografi, jika anda merasa ah buat apa toh orang sudah tau karya saya , it is oke.

Sampai disini apakah kita sudah dapat menyimpulkan pertanyaan diatas? Apakah aktifitas yang kita jalani menyangkut keselamatan diri kita dan orang lain bisa berlaku seumur hidup? Apakah tubuh senantiasa mampu merespon tantangan keselamatan dengan level yang sama saat anda berumur 25 tahun dan 50 tahun.

Atas ↑