KOMPOSISI HIDROKARBON MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI GAS

Hidrokarbon yang dimaksud adalah Gas Alam dan produkproduknya seperti LPG, Gas Campuran dll, Minyak bumi dan produk produknya seperti minyak tanah, solar dll .Kromatografi Gas adalah Peralatan yang digunakan untuk melakukan analisa komposisi dari gas yang dianalisis. silakan download disini  untuk presentasi file analisis. (silakan di download atau di kutip dengan menyertakan link blog ini. 

Metoda Uji menggunakan GPA 2261, GPA 2286 dan beberapa metoda uji lain yang mendukung seperti metoda sampling GPA 2166 dan GPA 2174, juga GPA 2265 untuk analisis H2S dan merkaptan secara on-site. GPA adalah salah satu Metoda Acuan Standar untuk melakukan Analisis Gas Alam, download GPA 2261 disini. untuk edisi lengkapnya dapat email ke sini busant70@gmail.com atau tinggalkan comment anda untuk di follow up…anda akan mendapatkan dalam bentuk zip file dan passwordnya. 

44 comments on “KOMPOSISI HIDROKARBON MENGGUNAKAN KROMATOGRAFI GAS

  1. Hi there, I am chemical engineer from UNSW Australia. I found your blog page. Would you be able to send Method named GPA 2166.

  2. Assalamualaikum wr wb
    pak Budi,thanks bgt ya buat kiriman pdf kromatografi gasnya.filenya keren bangeeetttt.klo ada lagi tentang kromatografi gas tipe apa pun baik itu TCD atau FID,dll, trus yg GPA 2166,GPA 2174,GPA 2261,GPA 2265, GPA 2286,merkaptan,dll,aq boleh gak minta lagi file-filenya cz sekarang aq lagi butuh semua hal yang berhubungan dengan kromatografi gas.thanks b4 ya pak.O iy pak,Bpk skrg ada dimana?masih di Indonesia atau udah studi ngambil S3 di Jepang?Congratulation ya pak….
    Wassalamualaikum wr wb

    sama sama, thanks juga udah bisa ada manfaatnya

  3. Selamat siang pak budi, kami dari Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, kesulitan mendapat peralatan Kromatografi gas khususnya untuk Hidrokarbon Ambient, mungkin bapak budi punya info tentang alat-alat tersebut beserta harganya, terima kasih pak.

  4. Selamat siang pak budi, saya mahasiswa yang akan mengadakan penelitian tentang hidrokarbon, mohon informasi tentang dimana saja saya dapat melakukan analisis komponen minyak dan berapa harga 1 sampel dalam analisis gas kromatografi. terima kasih

    • Selamat pagi, menurut saya sebaiknya penelitiannya dilakukan di tempat anda akan melakukan analisis jadi tidak perlu ada biaya analisis, misalnya jika anda melakukan penelitian di tempat A, maka ditempat A itu anda tidak perlu mengeluarkan biaya analisis karean penelitian yang anda lakukan sejalan dengan penelitian yang sedang dilakukan di tempat A tersebut….iya nggak? Di Jakarta, anda bisa menghubungi Pusat Penelitian Dan Pengembangan Minyak dan Gas Bumi “Lemigas”, tetapi anda harus sudah memiliki tema penelitian apa, biar gak bingung…thks

  5. Salam

    Pak Budhi, saya koq jd penasaran sama edisi lengkapnya GPA-2261. Boleh di share Pak?
    Terima Kasih Banyak.

    Salam

  6. Dear Pak Budi,
    Tolong krim kan materi lengkap diatas ke email saya beserta paswordnya. Dan juga File GPA 2661, karena saya tidak bisa download. Terimakasih

    Cholip

  7. Selamat Pagi Pak Budi,

    Saya sangat terbantu dengan adanya website ini, terima kasih banyak pak. Saat ini saya sedang melakukan optimasi metoda penentuan natural gas dengan GC dan saya baru saja mendownloap file GPA, mohon dikirimkan passwordnya pak, highly appreciate for your kindness

    Regards

    FM

  8. Assalamu’alaikum Wr. wb.. Pak bisa minta tolong kasih tahu cara penghitungan kadar senyawa kimia ( analisa kualitatatif ) pake kromatografi gas

  9. selamat mlm’

    Pak budi saya baru saja mendownloap file GPA, mohon dikirimkan passwordnya pak

    terima kasih

  10. Dear Pak Budi,

    Bisakah saya melihat Full Version File dari Standard2 GPA diatas Pak? Terima kasih Pak.

    Regards

    Bahrul B

  11. Salam kenal,
    Mas Budhi, saya chem eng di salah satu pabrik di Cilegon, tertarik nih dengan perhitungan yang berhubungan dengan kromatografi, bisa minta tolong kirim gpa 2261?
    makasih banyak atas bantuan dan kerjasamanya

    FauzanS

  12. Dear Pak Budhi,

    Boleh minta file untuk GPA 2261 dan GPA 2166 nya pak?
    Mohon bantuannya. Terima kasih.

    regards,

    Gunawan

  13. malam mas budi, saya mahasiswa pkl dari lemigas..boleh minta Metode GPA 2261 brikut pass ga? kalu bisa lwat emailya. terima kasih

  14. Selamat malam Pak Budhi, saya arief, saya sedang training pak, bisa minta bantuannya pak saya perlu metode gpa 2166, terimakasih pak sebelumnya

  15. salam. pak, boleh saya juga minta tolong dikirimkan metode GPA 2261 brikut passwordnya? saya sedang melakukan analisis data terkait ini. Terima kasih banyak pak, semoga ilmunya bermanfaat dan terus berkembang🙂

    • assalamu’alaikum mas…
      saya minta materi ttg GC dan metode GPA 2261 yang lengkap dong mas, saya dah download GPA kok cm 3 halaman, padahal saya butuh juga penentuan gross calorific value. Ohya mas punya ISO 6979 juga gak?
      Terima kasih sebelumnya, semoga ilmu mas tambah manfaat.

  16. Ass. Wr. Wb.
    Pak Budhi Yth :
    Pekenalakan saya adalah analis di perusahaan PT. badak. NGL. mohon dapat dikirim GPA 2261 dan file presentasinya.

    Thanks.
    Rohmat

  17. Salam kenal Pak Budhi,

    Saya sedang melakukan analisa perbandingan dua buah gas chromatography untuk mengambil sample yang sama untuk dibandingkan menggunakan GPA 2261, boleh saya dikirimkan filenya ke email saya pak?
    Terima kasih

    Salam,

    Ryan

  18. Dear Pak Budi,
    saya alumni SMAKBo Pak.. boleh di share ilmunya tentang GC? instrumentasi ataupun methodnya, all about GC.. karena saya sedang mempelajari GC.. Dulu belom mendalam ilmunya… hehehe.. Terimakasih sebelumnya..

    Rgds,
    Agnes

    • Agnes…..silakan tanya saja yang mau ditanyain, saya bingung kalo ditanya all about karena banyak sekali. by email or by sms atau BBM an juga boleh, nanti saya kirim by JAPRI

  19. Dear pak Budi,

    Saya alumni SMAKBo angk.45 pak….
    kemarin saya posting di milis kita tentang perhitungan uncertainty Natural Gas Composition (based on GPA 2261-00)…bisa minta tolong pencerahannya pak….

    kebetulan saya juga blm punya file pdf nya GPA 2261…minta tolong dkirimkan ke email saya bisa pak? ardj03na@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya,

    –anom45–

  20. assalamulaikum mas budi saya mahasiswa pasca unsri meneliti minyak yang diperoleh dari tabung kosong LPG yang menurut sya bisa dipakai untuk bahan bakar. saya minta tolong dikirim materi berkenaan dengan riset ini. trims assalamualaikum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s