Jika PILKADA Kabupaten Bogor Dua Putaran

Mari kita mulai acara analisis ngawur ala pengamat politik. Pilkada Kabupaten Bogor telah kita lalui begitu pula dengan hasilnya telah di ketok palu dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara oleh KPUD Kabupaten Bogor, telah ditandatangani oleh dua pasangan peserta pilkada, yaitu dari pasangan Nu Sae dan pasangan SAE. Ke tiga pasangan lain masih belum bias menerima dengan alasannya masing-masing. Pasangan RAHMAN saya yakin tidak akan menyerah untuk langsung menyetujui untuk bertarung kembali di putaran dua. Putaran kedua adalah pertarungan yang menyesakkan, keletihan sudah hampir memasuki titik jenuh dan saya fikir, bukan hanya buat kedua pasangan yang berhak mengikuti pikada putaran kedua tetapi juga masyarakat. Tingginya GOLPUT kali ini tidak lepas dari sikap apatisnya masyarakat terhadap pola perpolitikan dan pemerintahan yang terjadi sekarang ini. Kepedulian masyarakat terhadap pemerintahan dan perpolitikan telah memasuki kehenuhan. Sikap masa bodoh telah menjelma menjadi sebuah kekuatan baru yang harus mulai diperhatikan oleh para parpol dan pemerintah untuk segera mengobatinya. Hal ini bukan tugas KPU/KPUD semata tetapi tugas semua sisi yang ada di pemerintahan baik legislatif maupun eksekutif. 

Pasangan Rahman melalui saksinya meminta perhitungan ulang terhadap hasil pilkada, karena ada data yang tidak sama,  suara yang dibutuhkan pasangan tersebut untuk melenggang duduk di kursi bupati bogor adalah 1380 sehingga jumlah suaranya menjadi (30.00%) plus 1 suara yang masuk, dengan asumsi tidak ada suara lagi yang masuk ke pasangan lain. Mungkinkah hal itu ? Mungkinkah ada perbedaan perhitungan suara hingga mencapai 1380 suara, mungkin saja karena dengan jumlah TPS 7000 yang tersebar di 44 kecamatan ada yang salah menghitung, 1 suara saja dan yang salah ada di 1380 TPS maka bisa saja jika itu terbukti secara fakta!! Bukan secara asumsi. (jadi inget pilkada depok)….maka RAHMAN akan jadi Bupati kita yang baru…(Mungkin gak yaaaaa????)

Jika memang harus memasuki dua putaran, apakah mungkin ke tiga pasangan lain memasukkan hasil suaranya kepada dua pihak yang bertarung? Memasukkan secra langsung ya tidak bisa tetapi di mungkinkan dengan melakukan himbauan kepada para pemilihnya untuk mendukung salah satu bisa saja dilakukan. Pertanyaanya adalah sejauh mana kekuatan himbauan para kandidat pasangan SAE, Djurus dan HMD-N untuk dapat diikuti oleh simpatisannya? Disini saya melihat pasangan SAE dengan mesin politik PKS yang pernah saya bahas akan memilki peranan yang dominan. Himbauan Partai akan diterjemahkan di TPS, saya yakin itu. Tetapi kemana suara akan diarahkan..wallahu alam.Tugas RAHMAN dan Nu Sae kini berat untuk merayu SAE, dan kemana SAE akan melabuhkan pilihan hatinya???.

Bagaimana Djurus dan HMD-N? seperti SAE simpatisan tradisional pasangan Djurus dan suara dari cimande yang ada di belakang HMD-N adalah kantong-kantong suara yang bisa menjadi ladang rebutan, tinggal sejauh mana rayuan RAHMAN kepada mereka?Rayuan atau kompensasi???Wah bisa puyeng tuh psangan Nu Sae dan Rahman, kalo pada minta kompensasi suara..tetapi hak mereka juga minta kompensasi suara. Pasangan Rahman dan Nu Sae boleh dibilang sudah kepalang basah, sudah tinggal maju ke Finish, tetapi perjuangan masih panjang dan siapakah yang masih panjang nafasnya untuk bertarung…kita tunggu.

Saya menghimbau sebaiknya jauhkan dari niat melakukan money politik, biarkanlah rakyat memilih dengan nurani nya, Jangan lakukan money politik apapun bentuknya, sekali lagi saya menghimbau kapada Rahman dan Nu Sae..biarkan rakyat memilih dengan hatinya, siapa yang paling mereka inginkan untuk memimpin.Segala sesuatu yang dipaksakan tidak akan baik. Para pemilih sebaiknya juga jangan peduli dengan iming-iming atau janji-janji dari pihak-pihak yang menjanjikan segala sesuatu. Lebih baik legawa atas sesuatu yang sudah menjadi takdir, hal itu akan meringankan segala sesuatunya. Sulit saya akui setelah melakukan perjalanan sampai ke ujung harapan, dan haruskah harapan itu kandas? Suara GOLPUT saya prediksi masih tinggi, mungkin lebih tinggi dari yang sekarang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s