Ekplorasi di JPN-A

Hari ini Tanggal 22 Januari 2008 hari ke 8 aku di lokasi JPN-A, jangan salah JPN bukan jepang tetapi JPN-A adlah sebuah lokasi eksplorasi MIGAS milik Pertamina, tempatnya relatif jauh lebih enak dibandingkan dengan lokasi terakhir ku di daerah jambi yang harus itempuh dengan waktu 5 jam dari kota jambi. Untuk Lokasi JPN-A dapat ditempuh relatif cukup singkat, sekitar 12 km dari kota Blora atau sekitar 20 km dari kota Cepu. Blora adalah kota kabupaten, sedangkan Cepu adalah kota kecamatan.

Lokasi eksplorasi JPN-A terletak di areal hutan jati, banyak pengrajin jati dapat kita temui disana. Sebagaimana lokasi eksplorasi maka kami semua terdiri dari beberapa rekanan kerja Pertamina yang memiliki Sumur Eksplorasi tersebut. Hari ke 8 masih dengan program coil tubing, karena pada waktu drop bar ternyata fluida yang mengalir dari reservoir hanya sedikit dan pressure di permukaan juga turun terus, sehingga diputuskan oleh tim eksplrorasi perlu menggunakan unit coil tubing, yaitu sebuah proses menginjeksikan nitrogen cair kedalam sumur. Diharapkan dengan proses ini aliran fluida dari dalam reservoir dapat menjadi lebih besar. Teorinya bisa tanya sama orang-orang dari PE (petroleum Engineer).

Terus Kerja ku apa? Aku sampling engineer dari Lemigas yang bertanggung jawab dalam pengambilan sample yang keluar dari dalam reservoir, Fuida yang ter sampling harus mewakili kondisi reservoir. Untuk mendapatkan hal itu kami dari lemigas bekerjasama dengan kawan dari well testing yang lain yaitu dari BBS dimana sebelum disampling fluida dari dalam sumur dilewatkan melalui unit manifold lalu ke unit separator, di dalam separator tersebut fluida dari dalam sumur akan terpisah sesuai fasenya masing masing, adayang berubah menjadi gas, ada yang tetap dalam bentuk liquid. Nah tugasku melakukan sampling dari dalam separator  terhadap fluida yang telah berubah menjadi gas maupun yang masih dalam bentuk liquid. Semua parameter yang ada di dalam separator tersebut harus tercatat, Pressure, Volume, Temperatur, Gas Oil Rasio (GOR). Kawan kawan dari BBS lah yang memiliki unit separator tersebut yang melakukan pengukuran selama testing produksi yang dilakukan. Udah ah….. (segini dulu aja ya ntar di sambung lagi pengalaman ku yang terlibat di kegiatan eksplorasi), Aku nulisnya dari warnet di kota cepu. Jam menunjukkan Pk 14.30

3 comments on “Ekplorasi di JPN-A

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Pak Budi, saya mahasiswa D3 Analisis Kimia IPB. Insya Allah tahun ini (2008) lulus. Saya tertarik dengan dunia pertambangan dan energi. Apakah ada lowongan penerimaan pegawai di Lemigas? Seandainya ada, kapan, seperti apa syaratnya? dan materi apa yang diujikan? Setahu saya hampir tidak ada publikasi mengenai lowongan BUMN semacam Lemigas, pertamina dll. Apakah kualifikasi pendidikan saya bisa masuk, atau hanya sebatas orang teknik saja. Saya sangat berharap informasi dari Bapak. Terima kasih banyak.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    Eko Susilo Nugroho
    esn_bp_ls@yahoo.com
    http://www.tarbiyahrohani.blogspot.com
    http://www.sebaiknyaandatahu.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s